Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. (Markus 16:15-16)

Rabu, 15 Juli 2015

Apakah Pengangkatan itu berlangsung tiba-tiba?

Shalom sahabat, Proses caught up, atau Rapture yang mungkin kita ketahui ialah berlangsung secara tiba-tiba. Jika anda sudah menonton Film Left Behind, mungkin itulah gambaran yang kita dapatkan.

Proses pengangkatan tidaklah berlangsung tiba-tiba. Ada beberapa tanda yang mendahuluinya.

Di Alkitab sebenarnya ada beberapa kisah mengenai Rapture ini. Mari kita lihat pegangkatan yang dialami oleh Henokh ataupun Elia.

Soal Waktu

Apakah kita sungguh-sungguh tidak akan pernah tahu kapan Rapture itu?
Pada waktu itu keluarlah rombongan nabi yang ada di Betel mendapatkan Elisa, lalu berkatalah mereka kepadanya: “Sudahkah engkau tahu, bahwa pada hari ini tuanmu akan diambil dari padamu oleh TUHAN terangkat ke sorga?” Jawabnya: “Aku juga tahu, diamlah! ~2 Rj 2:3
Berdasarkan ayat ini, waktu Rapture itu diketahui oleh para nabi!
Dalam beberapa hari ke depan, admin akan membahas mengenai Minggu (week) dan Bulan (month) di mana Pengangkatan itu terjadi. Semua Rahasia ini dikatakan sendiri oleh Tuhan Yesus, dan begitu jelas tertulis  dalam Alkitab.

Kelihatan atau tidak?

Berkatalah Elia: “Yang kauminta itu adalah sukar. Tetapi jika engkau dapat melihat aku terangkat dari padamu, akan terjadilah kepadamu seperti yang demikian, dan jika tidak, tidak akan terjadi.” Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai. Ketika Elisa melihat itu, maka berteriaklah ia: “Bapaku, bapaku! Kereta Israel dan orang-orangnya yang berkuda!” Kemudian tidak dilihatnya lagi, lalu direnggutkannya pakaiannya dan dikoyakkannya menjadi dua koyakan. Sesudah itu dipungutnya jubah Elia yang telah terjatuh, lalu ia berjalan hendak pulang dan berdiri di tepi sungai Yordan. ~2 Rj 2:10-13

Mungkin inilah gambaran Rapture. Elisa melihat Elia naik tapi sesaat saja. Begitu cepat. Kita juga harus mengerti bahwa pengangkatan itu juga tidak terjadi secara diam-diam, tetapi akan terang-terangan, dan disaksikan oleh semua mata!
Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat, demikian pulalah kelak kedatangan Anak Manusia ~Matius 24:27

Dalam perjanjian baru terdapat kisah yang serupa yaitu dalam kisah 8:38-40
Lalu orang Etiopia itu menyuruh menghentikan kereta itu, dan keduanya turun ke dalam air, baik Filipus maupun sida-sida itu, dan Filipus membaptis dia. Dan setelah mereka keluar dari air, Roh Tuhan tiba-tiba melarikan Filipus dan sida-sida itu tidak melihatnya lagi. Ia meneruskan perjalanannya dengan sukacita. Tetapi ternyata Filipus ada di Asdod. Ia berjalan melalui daerah itu dan memberitakan Injil di semua kota sampai ia tiba di Kaisarea.

Versi King James

And when they were come up out of the water, the Spirit of the Lord caught away (Rapture) Philip, that the eunuch saw him no more: and he went on his way rejoicing.

Proses ini begitu cepat sehingga Filipus langsung berada di Asdod, padahal sebelumnya di Gaza.

Peta Samaria
Peta Samaria

Lalu bagaimana dengan “kata sekejap mata”?

Terompet terakhir
 Terompet terakhir

Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah, dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah. Karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati ini harus mengenakan yang tidak dapat mati. Dan sesudah yang dapat binasa ini mengenakan yang tidak dapat binasa dan yang dapat mati ini mengenakan yang tidak dapat mati, maka akan genaplah firman Tuhan yang tertulis: “Maut telah ditelan dalam kemenangan ~1 Kor 15:51-54
Sebenarnya ini adalah proses waktu Tuhan mengubah tubuh lahiriah kita menjadi tubuh kemuliaan. Namun kita dapat mengetahuinya dari penjelasan Alkitab mengenai waktu bunyi nafiri yang terakhir. Ini adalah tiupan sangkakala Malaikat saat Tuhan menjemput gerejaNya di awan-awan.
*Namun yang penting bukalah prosesnya, tetapi pengangkatan itu sendiri. Pengangkatan pasti terjadi! Mari berjaga-jaga senantiasa. GBU

Tag: Akhir Zaman
Terima Kasih Telah Berkunjung
Tuhan Yesus Memberkati 
Sumber:catatanakhirzaman.com

0 komentar:

Posting Komentar